Sabtu, 02 Juni 2012

Malang City Hardcore

 Logo M.C.H.C

Malang City Hardcore atau yang biasa dikenal dengan MCHC adalah sebuah komunitas hardcore di kota Malang. Sekitar tiga tahun yang lalu istilah ini demikian populer. Malang City Hardcore sempat menjadi idiom terkenal dan jadi penanda bagi daerah mana band Hardcore tersebut berasal. Apakah pada tulisan ini akan saya kemukakan tentang memori tersebut?? Oh tidak, sama sekali tidak. Pada tulisan ini tidak akan saya kemukakan tentang memori tentang majunya sebuah komunitas Hardcore di kota Malang yang terjadi 2-3 tahun yang lalu. Di sini saya hanya akan kemukakan tentang rujukan kita untuk memakai istilah Malang City Hardcore. Apakah kiranya istilah itu sudah layak digunakan di kota Malang??...

Istilah semacam MCHC tentu sudah pernah kita ketahui bersama kalau di Amerika sana juga ada NYHC dan Boston Hardcore. Di Eropa juga ada Europe Hardcore yang terkenal dengan H8000-nya. Namun di setiap scene, istilah tersebut selain sebagai penanda daerah, juga bisa jadi penanda dari jenis musik, karakter sound, serta isu lirik yang mereka usung. Jika NYHC dengan Biohazard, Beastie Boys. Madball hingga Warzone adalah karakter musik yang khas dicampuri oleh unsur dari musik daerah setempat seperti Hip-Hop dan Reggae. Demikian pula Boston Hardcore cenderung dengan musik Oldschool yang memiliki karakter vokal lebih berteriak daripada menyanyi, plus isu-isu tentang Straight Edge yang lebih militan. Sementara H8000 mengusung musik hardcore yang sangat Metal. Bahkan ada yang dicampuri unsur Blackmetal. Liriknya sendiri mengusung tema yang lebih dari sekedar Straight Edge. Sebab mereka juga kerap berbicara tentang Animal Right atau Veganisme. Bahkan mengangkat isu God Free Youth, sebuah idiom bagi komunitas yang tidak menyakini adanya Tuhan.

Kembali pada tema semula, dari ketiga contoh di atas dapat dilihat bahwa istilah tersebut selain sebagai penanda daerah, juga menggambarkan karakter musik yang khas. Sudahkah di Kota Malang tercipta musik Hardcore khas ala Malang?? Yang setidaknya jika ada orang yang mendengarkannya sudah bisa menyimpulkan, "Oh, ini pasti dari Malang".

Apakah idiom semacam itu bersifat sebuah kebanggaan semu akan daerahnya sendiri?? Jika di Indonesia idiom-idiom semacam  itu mungkin lebih kepada informasi daerah asal band atau komunitas bersngkutan seperti halnya MCHC [Malang], SBHC [Surabaya], YKHC [Yogyakarta] dan daerah lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar